RSS

Yuk, Kita Menyebarkan Salam… ^_^

09 May

Salam adalah salah satu dari asma Alloh  Swt. Mengucapkan salam, baik kepada orang yang kita kenal maupun tidak, akan membangkitkan rasa aman, mempererat ikatan, dan menumbuhkan rasa cinta.

Dari Abu Hurairah ra., Ia berkata bahwa Rasul bersabda : “Kamu tidak akan masuk surga hingga kamu beriman, dan kamu tidak beriman hingga kamu saling mencintai (karena Alloh). Apakah kamu mau jika aku tunjukkan padamu satu perkara yang jika kamu kerjakan perkara itu maka kamu akan saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kamu!” (HR. Muslim).

Dengan mengucap dan menjawab salam, kita dapat mengenal orang lain dan mengetahui tingkat konsistensi mereka terhadap ajaran agama. Sebagian orang ada yang mengucapkan salam sebagaimana seorang komandan militer memerintah anak buahnya, padahal mengucapkan salam merupakan ucapan sealamat yang tersusun dari untaian kata-kata yang sangat indah, yakni “assalam” (kesejahteraan), “ar-rahmah” (rahmat), dan “albarakah” (berkah).

Ucapan salam hendaknya keluar dari lubuk hati yang paling dalam dan dikeluarkan dengan disertai perasaan kasih sayang, karena tujuan dari sebuah perkenalan adalah pernyataan hati.

Dari Abu Dzar ra., Ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Janganlah sekali-kali kamu meremehkan kebaikan, meskipun hanya berupa keceriaan wajah tatkala bertemu dengan saudaramu” (HR. Muslim).

Menjawab salam hukumnya wajib. Kita akan dapat membuat orang yang mengucap salam itu bersimpati kepada kita, yaitu tatkala dengan sikap tanggap kita menjawab ucapan salam tersebut dengan ucapan salam yang lebih baik dan dengan tatapan wajah yang dihiasi dengan senyuman. Alloh berfirman : “Apabila kalian diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Alloh selalu membuat perhitungan atas tiap-tiap sesuatu“. (An-Nisa : 86)

Mengucapkan salam tidak terbatas pada orang yang kita kenal saja, tetapi lebih dianjurkan kepada orang yang belum kita kenal agar lebih memperluas perkenalan dan ukhuwah islamiyah.

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. bahwa ada seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah Saw., “Diantara ajaran Islam, manakah yang paling baik?” Rasulullah Saw menjawab, “Memberi makan dan mengucap salam kepada orang yang kamu kenal dan tidak kamu kenal“. (Muttafaqun ‘Alaih)

Dari Thufail bin Abu Ka’ab ra. bahwa ia datang menemui Abdullah bin Umar ra., lalu keduanya pergi ke pasar. Thufail menceritakan, “Tidaklah Ibnu Umar melewati orang di tengah jalan atau menjual barang dagangan atau orang-orang lain, kecuali ia mengucap salam kepada mereka“. Pada hari lain saya datang ke tempat Abdullah bin Umar, kemudian ia mengajakku kepasar. Kemudian saya menjawab, “Apa yang akan anda perbuat di pasar? Anda tidak membeli, tidak bertanya tentang harga barang, tidak menawar dan tidak duduk di tempat-tempat duduk (yang ada di pasar)?. Lebih baik kita duduk-duduk di sini dan bercakap-cakap”. Abdullah bin Umar menjawab, “Wahai Abu Bathan (panggilan bagi Thufail ra), kita berjalan demi mengucapkan salam pada setiap orang yang kita jumpai”. (HR. Malik dan Al Muwatha’ dengan sanad yang shahih)

Dari Abu Hurairah ra., sesungguhnya Rasullullah Saw bersabda, “Yang mengendarai kendaraan hendaklah mengucapkan salam kepada yang berjalan kaki, yang berjalan kaki hendaklah mengucapkan salam kepada yang duduk, yang sedikit mengucapkan salam kepada yang banyak, dan yang muda mengucapkan salam kepada yang tua. Keutamaan orang yang lebih dahulu mengucapkan salam adalah sangat besar“.

Dari Umamah ra., Ia berkata bahwa ada seorang yang bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasul, diantara 2 orang yang bertemu, manakah yang lebih dahulu mengucapkan salam?” Kemudian Rasul menjawab, “Yang lebih mencinta Alloh Swt“.

Dari Abdullah bin Mas’ud ra., Ia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, ‘As-salam‘ adalah salah satu dari asma Alloh yang diletakkan di bumi, maka sebarkan salam diantara kamu”. (HR. Bukhari)

Oleh karena itu, yuk kita sebarkan salam diantara kita.

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh… ^_^

 
Leave a comment

Posted by on May 9, 2011 in Tausyiah

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: